Pentingnya Memupuk Kesadaran Jiwa Kepemimpinan Generasi Muda untuk Mewujudkan Indonesia Emas Tahun 2045

WhatsApp Image 2024-02-29 at 20.33.16

Pentingnya Memupuk Kesadaran Jiwa Kepemimpinan Generasi Muda untuk Mewujudkan Indonesia Emas Tahun 2045

Gaung untuk mewujudkan Indonesia Emas Tahun 2045 kian keras terdengar. Tepat pada tanggal 17 Agustus 2045 Negara Indonesia akan mencapai usianya ke-100. Narasi ide dan gagasan mewujudkan generasi emas juga terus bermunculan untuk mengisi momentum bersejarah tersebut. Dikutip dari Portal Informasi Indonesia (indonesia.go.id), visi “Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan” juga telah disiapkan untuk mengiringi cita-cita Indonesia menjadi Negara Maju pada tahun 2045.

Sumber Daya Manusia menjadi kekuatan besar dalam mewujudkan cita-cita itu. Terlebih pada tahun 2030 an menurut Portal Informasi Indonesia jumlah penduduk yang memasuki usia produktif saat itu mencapai 68,3% dari jumlah populasi. Bonus demografi ini harus dikelola dengan baik, utamanya dengan memupuk jiwa kepemimpinan generasi muda saat ini. Hal ini karena generasi muda saat ini yang akan memegang tonggak kepemimpinan di usia Indonesia yang ke-100 kelak nanti. Mengapa hal ini begitu penting? Berikut penjelasannya.

Tantangan Menuju Indonesia Emas 2045

Berbicara tentang mewujudkan Indonesia emas 2045 bukanlah hal segampang membalikkan telapak tangan. Tentu ada tantangan berupa sejumlah permasalahan yang harus dihadapi dan diatasi. Salah satu permasalahan yang dapat menghambat terwujudnya Indonesia emas 2045 yaitu kesenjangan ekonomi dan kemiskinan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik sebesar 9,36% atau sebanyak 25,90 juta masyarakat Indonesia masuk ke dalam kategori masyarakat miskin. Dari jumlah tersebut, adapun persentase penduduk miskin perkotaan mencapai 7,29% atau sebanyak 11,74 juta dan penduduk miskin perdesaan mencapai 12,22% atau sebanyak 14,16 juta orang. Hal ini menunjukan bahwa masih adanya ketimpangan ekonomi antara masyarakat perkotaan dan perdesaan.

Ketimpangan ekonomi juga disertai dengan adanya ketimpangan pendidikan. Data Badan Pusat Statistik tahun 2023 menunjukkan bahwa sebesar 5,11% penduduk desa yang tidak pernah bersekolah dan pada penduduk perkotaan terdapat 1,93% penduduk yang tidak pernah bersekolah. Selain itu, masih adanya masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan juga menjadi permasalahan kompleks. Menurut data Badan Pusat Statistik tahun 2023, terdapat sekitar 5,32% penduduk menganggur dari jumlah angkatan kerja nasional tahun 2023 sebanyak 147.71 juta orang. Ada juga beberapa isu lainnya, seperti kesehatan, intoleransi, hingga kejahatan kelas atas seperti tindak pidana korupsi. Sejumlah permasalahan tersebut haruslah diatasi dengan efektif dan berkelanjutan, di mana keterlibatan peran generasi muda saat ini sangat penting.

Peran Generasi Muda Menuju Indonesia Emas 2045

Peran generasi muda saat ini dalam mewujudkan visi Indonesia emas 2045 sangat penting, mengingat nantinya pada usia Negara Indonesia yang ke-100 akan menjadi generasi emas yang memegang tampuk kepemimpinan bangsa ini. Bonus demografi yang dimiliki Indonesia saat tahun 2045 berupa 70% penduduknya berada di rentang usia produktif menjadi aset berharga untuk bisa benar-benar mewujudkan Indonesia menjadi negara maju kelak nanti. Namun, bonus demografi tersebut bisa saja menjadi bumerang ketika tidak ada pengelolaan dan pembinaan yang baik bagi generasi muda saat ini. Bahayanya, jika tidak benar-benar dikelola dengan baik, justru bonus demografi tersebut akan memperburuk angka kemiskinan, pengangguran, dan dapat meningkatkan angka kriminalitas. Tentu permasalahan tersebut akan menjadi tembok besar dalam mewujudkan Indonesia emas 2045.

Karenanya, pengelolaan dan pembinaan yang baik dan berkelanjutan terhadap generasi muda saat ini menjadi penting untuk dapat memaksimalkan bonus demografi tersebut. Generasi muda merupakan agen perubahan yang memiliki potensi, inovasi, dan semangat baru dalam pembangunan negeri ini. Banyak hal yang memerlukan peran generasi muda untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju, salah satunya adalah sebagai penggerak ekonomi kreatif dan pengembangan teknologi. Generasi muda juga berperan penting dalam upaya advokasi terhadap perubahan sosial, lingkungan, dan digitalisasi yang lebih baik. Tak kalah penting, peran generasi muda juga dapat menjadi pionir dalam pembangunan masyarakat yang berkelanjutan

Pentingnya Kesadaran Jiwa Kepemimpinan

Kesadaran jiwa kepemimpinan memiliki peran yang sangat penting bagi generasi muda dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. Hal ini bukan sekadar keterampilan memimpin, tetapi juga sebuah sikap, nilai, dan komitmen untuk berkontribusi positif dalam pembangunan bangsa. Kesadaran jiwa kepemimpinan membantu generasi muda memahami visi dan tujuan bersama Indonesia Emas 2045. Dengan pemahaman yang kuat tentang arah yang ingin dicapai, mereka dapat mengalokasikan energi dan upaya mereka secara efektif untuk mencapai cita-cita nasional.

Generasi muda yang memahami arti kepemimpinan akan lebih siap menghadapi tantangan kompleks dan dapat mengambil keputusan yang berdampak positif bagi pembangunan Indonesia. Selain itu, generasi muda yang memiliki kesadaran ini akan menerapkan nilai-nilai etika dalam setiap tindakan kepemimpinan mereka, memastikan bahwa pembangunan bangsa dilakukan dengan integritas dan rasa tanggung jawab. Kesadaran akan memiliki jiwa kepemimpinan bagi generasi muda tersebut menjadi penting, sehingga kelak dapat memimpin bangsa ini dengan mempertimbangkan aspek-aspek lingkungan, ekonomi, dan sosial, dalam menciptakan kondisi yang berkelanjutan dan seimbang.

Memupuk kesadaran terhadap pentingnya jiwa kepemimpinan bagi generasi muda saat ini menjadi penting untuk dilakukan dari sekarang. Jika tidak, maka potensi generasi muda yang seharusnya menjadi tangguh untuk memimpin Bangsa Indonesia nantinya tidak akan tercapai maksimal dan akan menyebabkan bonus demografi yang dimiliki juga tidak dapat dimanfaatkan dengan maksimal, sehingga mewujudkan Indonesia Emas 2045 hanya menjadi sebuah wacana belaka.

MyndfulAct juga turut berperan dalam mewujudkan visi Indonesia Emas, salah satunya dengan melaksanakan webinar yang berjudul “Kebijaksanaan Masa Lalu untuk Bekal Masa Depan” yang dilaksanakan pada hari Kamis, 25 Januari 2024. Kegiatan ini membahas betapa pentingnya kesadaran akan jiwa kepemimpinan dari para generasi muda saat ini agar kelak nanti benar-benar siap menjadi bagian dalam mewujudkan momentum bersejarah Indonesia Emas 2045. Yuk, simak selengkapnya kegiatan webinar pada link berikut ini: https://youtu.be/S4ovxBJTqZk?si=6ayAkHz7dGlO6W1l

Tinggalkan pesan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *