MyndfulAct Ajak Mahasiswa Mengakses Kesadaran dalam Diri dalam Perjalanan Mewujudkan Cita-Cita

21e0b5b8-d35a-4caa-888f-08d7d2aab956

MyndfulAct Ajak Mahasiswa Mengakses Kesadaran dalam Diri dalam Perjalanan Mewujudkan Cita-Cita

Di antara banyaknya kebimbangan yang dirasakan oleh mahasiswa untuk menuju masa depan, kesadaran diri menjadi kunci yang dapat digunakan dalam perjalanan menggapai jalan masa depan tersebut. Dengan menyertakan kesadaran di setiap tindakan yang dilakukan di masa sekarang, kita terkoneksi kembali dengan diri kita sehingga dapat mengenal kekuatan serta keterbatasan diri secara utuh.

Menilik kondisi tersebut, MyndfulAct dipercaya untuk mendampingi Growth Center Kompas Gramedia (KG) dan Tenteram (social support Growth Center KG) dalam mengadakan sharing session di Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Tangerang, pada Sabtu (9/9/2023) lalu.
Melalui acara bertajuk “Find Your Purpose in Life” yang diinisiasikan oleh tim Growth Center KG, para Founder MyndfulAct dan Advisor MyndfulAct Putra Wiramuda mencoba membantu peserta (mahasiswa) memahami cara menstrategikan diri demi mengejar tujuan hidup masing-masing. Tak hanya itu, peserta juga dibekali tentang konsep IKIGAI atau life’s worth (nilai hidup) yang disampaikan oleh Growth Center KG.
Peserta sharing session merupakan mahasiswa semester III dari berbagai fakultas dan program studi. Sesi diselenggarakan di beberapa ruang terpisah dalam waktu yang bersamaan.

Founder, tim, serta praktisi MyndfulAct
Founder, tim, serta praktisi MyndfulAct

Tim Myndfulact—yang terdiri dari para founder, community manager, dan advisor Putra Wiramuda —berbagi pengalaman dan pandangan kepada peserta tentang perlunya kesadaran diri dalam perjalanan mewujudkan cita-cita dan tujuan hidup.

Sesi Refleksi

Seringkali saat menjalankan kehidupan bermahasiswa, kita sering dihadapkan pada pertanyaan-pertanyaan ataupun pergulatan: Apa tujuan sebenarnya dari segala aktivitas ini? Apa yang sebetulnya dicari dalam kehidupan ini? Apakah benar jalan yang ditempuh selama ini adalah yang tepat? Apakah keputusan ini diambil dengan kesadaran penuh, atau sekadar mengikuti arus tren, atau karena dorongan dari orang lain, termasuk orang tua? Pertanyaan-pertanyaan ataupun pergulatan yang muncul sebenarnya dapat kita gunakan untuk menuntun kita berefleksi ke dalam diri, karena jawaban dari semua pertanyaan yang muncul sebenarnya ada di dalam diri kita masing-masing. Kondisi sadar dan fokus akan menggiring kita untuk mendapatkan jawaban-jawaban yang membantu kita untuk bisa membuat keputusan dengan pertimbangan yang matang.

Kesadaran membuat kita tidak larut dalam rasa penyesalan, kekhawatiran dan ketakutan. Kita mampu merasakan dan menerima semua emosi yang muncul.

Dalam sesi Refleksi, secara khusus, MyndfulAct mengajak peserta terhubung kembali dengan diri, berada di moment saat ini dengan menggunakan nafas sebagai jangkar perhatian. Dengan terhubung kembali dengan diri maka kita bisa mengetahui apa yang sesungguhnya yang kita inginkan dan butuhkan dan kita mampu merumuskan tujuan dan memetakan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai cita-cita yang diinginkan. Kesadaran yang terus dilatih dengan penuh welas asih akan melahirkan kebijaksanaan dan keberanian untuk menghadapi tantangan.

Untuk itu MyndfulAct menekankan tentang perlunya berlatih kesadaran dengan sesederhana melakukan “jeda” sebagai salah satu cara untuk terkoneksi ke dalam diri dan mengakses kesadaran,

Potret saat sharing session
Potret saat sharing session

MyndfulAct meyakini bahwa pertumbuhan sejati dimulai dari proses kembali ke dalam diri sendiri. Keselarasan tubuh pikiran dan jiwa akan membuka ruang baru dalam diri kita sehingga dan potensi-potensi dalam diri akan dapat dioptimalkan.

Saling Berbagi dan Bercerita

MyndfulAct juga mendorong peserta untuk saling berbagi dan bercerita (sharing) seputar cita-cita mereka, hingga pemahaman soal apa yang perlu dilakukan untuk merealisasikannya.

Proses sharing ini memiliki arti yang sangat penting karena tidak hanya melatih kemampuan mendengarkan, tetapi juga membuka pintu untuk pemahaman baru yang dapat memperluas perspektif peserta. Dengan saling mendengarkan, peserta dapat memperkaya wawasan dan memperluas pandangan terhadap berbagai hal, menciptakan ruang untuk pertumbuhan pribadi dan mengembangkan komunikasi yang lebih efektif.

Para peserta tampak antusias mengemukakan pikiran, harapan, bahkan kebingungan yang sedang dihadapi. Melalui sesi sharing ini, para peserta dapat berefleksi apa yang menjadi tujuan hidup, bagaimana cara mencapainya, kesadaran membuat kita menjadi lebih awas memberi perhatian pada setiap keputusan yang kita buat.

Berbagai tantangan dan hambatan yang mungkin timbul akan menghadirkan emosi-emosi seperti rasa takut, cemas, kecewa, bahkan keraguan dan mungkin depresi, Tapi penting untuk diingat bahwa emosi adalah bagian alami dari diri kita. Intensitasnya dapat berkurang jika kita berani menghadapinya. Kunci utama adalah hadir sepenuhnya di saat ini. Jadikan kesadaran diri sebagai jangkar. Dengan kesadaran yang penuh, peserta diharapkan mampu merasakan kedamaian sehingga dapat berproses dengan pikiran yang jernih dan dan fokus pada tujuan dan cara pencapaian.

Menyusun Growth Journey

Dalam sesi growth journey, MyndfulAct memandu peserta untuk menuangkan visi melalui berbagai bentuk ekspresi, mulai dari penulisan, gambar, hingga peta pikiran, sesuai dengan preferensi masing-masing peserta.

Peserta dipandu untuk mengajukan pertanyaan krusial seputar diri sendiri, serta merumuskan langkah-langkah konkret guna mencapai tujuan mereka dengan melihat seberapa besar tantangan atau peluang yang dihadapi. Sesi growth journey menjadi panggung utama sebagai wadah introspeksi mendalam dan perencanaan yang matang dalam mengejar tujuan-tujuan hidup yang peserta impikan.

Di penghujung sesi, MynfulAct mengingatkan bahwa kita memegang kendali terbesar atas diri sendiri, oleh karenanya kita bisa mulai dari diri untuk berlatih kesadaran, agar kita semakin terlatih dan terampil menghadapi setiap tantangan yang dihadapi dengan respons yang tepat.

Founder MyndfulAct berfoto bersama peserta di akhir sesi
Founder MyndfulAct berfoto bersama peserta di akhir sesi

Terakhir, acara ditutup dengan sesi tanya jawab bersama para narasumber. Kegiatan sharing session ini mengungkap bahwa kesadaran diri bermanfaat bagi para mahasiswa dalam perjalanan mencapai cita-cita dan menemukan makna kehidupan. Dengan panduan dari MyndfulAct dan para narasumber lain, para peserta juga diharapkan dapat mengenali diri sehingga mampu menggali potensi diri dan menjadi bekal dalam perjalanan mewujudkan cita-cita.