MyndfulAct Ajak Masyarakat Jakarta untuk Terkoneksi Kembali dengan Diri Lewat Acara Pesta Hidup Berseri

Cover artikel kegiatan acara PHB

MyndfulAct Ajak Masyarakat Jakarta untuk Terkoneksi Kembali dengan Diri Lewat Acara Pesta Hidup Berseri

Sesi kelas mindful resonance dalam acara Pesta Hidup Berseri Sesi kelas mindful resonance dalam acara Pesta Hidup Berseri

 

Jakarta memang menyajikan banyak sekali cerita bagi para penghuninya. Mulai dari padatnya lalu lintas, ramainya pusat perbelanjaan, hingga kompleksitas urbanisasi. Bukan hanya itu, orang-orang yang tinggal di Jakarta juga masih punya cerita tersendiri mengenai berbagai masalah lingkungan dan juga sosial yang kadang kala kerap menguras energi mereka, contohnya seperti polusi udara hingga polusi suara dan mata. Belum lagi ketika mereka harus berusaha sekuat tenaga untuk tetap bekerja dari pagi hingga malam hari demi memenuhi kebutuhan hidup di Jakarta yang biayanya bisa bikin geleng-geleng kepala. Padatnya aktivitas kehidupan yang dilalui masyarakat Jakarta tentu saja membuat sebagian penduduknya kerap merasa jenuh, burn out, atau stress. Kondisi tersebut pada akhirnya membuat sebagian penduduk Jakarta mulai menyadari tentang pentingnya menjaga keseimbangan hidup agar dapat menciptakan hidup yang sejahtera dengan melakukan olahraga rutin. Namun, untuk mendapatkan hidup yang sejahtera (wellbeing), seseorang tidak hanya perlu menjaga kesehatan tubuh, melainkan juga perlu menyelaraskan antara tubuh, pikiran, dan emosional.

Kondisi tersebut menjadi latar belakang terciptanya sebuah acara bernama “Pesta Hidup Berseri” yang diinisiasi oleh Nadya Rudianto dan Maria Serafine dengan mengusung konsep body and wellness. Dalam acara ini, Pesta Hidup Berseri merasa bahwa MyndfulAct adalah kolaborator yang tepat mengingat akan gerakan hidup berkesadaran yang diusung oleh MyndfulAct. Sebab, kesadaran yang ada di dalam diri dapat menjadi pondasi yang dapat memudahkan seseorang dalam mewujudkan kesejahteraan. Oleh sebab itu, hadirnya MyndfulAct diharapkan dapat mengajak para peserta memahami pentingnya hidup berkesadaran dengan berlatih jeda sejenak dan membentuk koneksi ke dalam diri —mengenal diri sendiri secara lebih utuh dan menyadari apa yang sedang dipikirkan, dirasakan, diinginkan atau dibutuhkan oleh diri untuk agar tidak hanya sekedar ikut-ikutan.

Acara yang diadakan pada hari Sabtu, 13 Januari 2024 diadakan di area Gedung South Quarter yang berlokasi di Jakarta Selatan. Acara ini terdiri dari lima sesi dengan praktisi yang berbeda di tiap sesinya. Dalam acara ini, beberapa founder MyndfulAct juga turut membuka di setiap sesi yang berjalan.

 

Founder MyndfulAct, Irka Laksmirianti membuka sesi dalam acara Pesta Hidup Berseri

Founder MyndfulAct, Irka Laksmirianti membuka sesi dalam acara Pesta Hidup Berseri

 

Setiap sesi diisi oleh para praktisi dengan kompetensi yang berbeda-beda dan tentunya sudah tidak diragukan lagi, seperti Armonia dalam sesi Himalayan Sound Bath, Arif Sentosa dengan Yoga Jivamukti, Master Slamet dengan Hatha Yoga, Hendra Fahriza dengan Yin Yoga, Soul Herb Tea dengan bersama Meditative Tea-nya dan juga Mindful Resonance bersama Maya Hasan yang merupakan founder MyndfulAct dan juga Harp Therapist.

 

Founder MyndfulAct, Hanindita Setiadji membuka sesi dalam acara Pesta Hidup Berseri

Founder MyndfulAct, Hanindita Setiadji membuka sesi dalam acara Pesta Hidup Berseri

 

Sebelum sesi bersama praktisi dimulai, MyndfulAct yang diwakili para foundernya, Hanindita Setiadji dan Irka Laksmirianti, membuka sesi-sesi dengan memperkenalkan pentingnya keseimbangan antara body and mind untuk mencapai wellbeing. Sebab, wellness dan wellbeing hanya dapat tercapai jika tubuh dan pikiran dapat berjalan dengan selaras. Contohnya, ketika ingin memiliki hidup yang sehat, seseorang tidak hanya cukup untuk berolahraga saja, melainkan juga mengolah batin karena keduanya saling memengaruhi. Praktek latihan mindfulness melalui beragam sesi di PHB dapat menyelaraskan keseimbangan tubuh dan pikiran sehingga dapat membantu mencapai wellbeing. MyndfulAct juga memandu peserta untuk melakukan jeda sejenak guna menyatukan intensi/niatan secara kolektif sebelum memulai acara guna menyelaraskan energi sehingga kelak mampu merasakan manfaat kegiatan secara menyeluruh.

 

Maya Hasan mengisi sesi kelas mindful resonance

Maya Hasan mengisi sesi kelas mindfult resonance

 

Di salah satu sesi, Maya Hasan yang juga salah satu founder MyndfulAct dan Certified Musician Practitioner mengisi sesi Mindful Resonance melalui permainan harpanya dengan menggunakan pendekatan innovative yang menggabungkan music dengan teknik kuantum agar dapat mencapai keselarasan tubuh, pikiran, dan emosi yang dapat membantu penyembuhan diri. Selain itu, Maya juga menjelaskan mengenai resonansi musik yang terhubung dengan tubuh dan dapat memberikan sinyal ke dalam diri tentang kondisi diri di saat ini dan kini.

Hadirnya acara ini diharapkan dapat membawa kesegaran tubuh dan pikiran para pesertanya yang dapat menjalani hari-hari dengan penuh kesadaran diri. Selain itu, acara ini juga diharapkan dapat membuat para peserta semakin menyadari bahwa untuk menjadi manusia yang bahagia, seseorang hanya perlu menyisihkan waktu sedikit untuk kembali terkoneksi dengan diri dan memahami diri lebih dalam lagi.

Sebab, kita adalah arsitek kebahagiaan kita sendiri.

Tinggalkan pesan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *