Mulai Hari Baik Dengan Mindful Walking

Mindful Walking

Mulai Hari Baik Dengan Mindful Walking

Hari yang baik dimulai dengan sesuatu yang baik. Percaya nggak percaya, ungkapan ini terbukti cukup manjur untuk banyak orang. “Sesuatu yang baik” nggak berarti harus melakukan sesuatu yang heroik seperti berdonasi ke panti asuhan atau aksi menolong lainnya. “Sesuatu yang baik” di sini bisa berupa tindakan-tindakan sederhana seperti konsumsi sarapan sehat, mengucap syukur dengan berdoa di pagi hari, atau dengan mindful walking.

Yang akan kamu baca dari artikel ini:

  • Mindful walking merupakan aktivitas berjalan kaki dengan menumbuhkan kesadaran untuk memerhatikan setiap langkah dan aliran nafas.
  • Manfaat mindful walking tidak hanya berguna untuk kesehatan mental tapi juga kesehatan fisik.

Daftar Isi:

  • Definisi mindful walking
  • Manfaat mindful walking sebelum memulai aktivitas seharian
  • Langkah-langkah melakukan mindful walking

 

Mindful Walking, maksudnya apa?

Mindful walking adalah aktivitas berjalan kaki dengan menghadirkan kesadaran penuh. Saat melakukan mindful walking, kita memerhatikan setiap langkah dan nafas yang masuk dan keluar. Mindful walking juga sering disebut walking meditation atau praktik meditasi dengan cara berjalan. Tidak seperti meditasi pada umumnya yang mengharuskan kita duduk diam dan fokus pada nafas.

 Manfaat mindful walking sebelum memulai aktivitas seharian

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan pikiran, mindful walking juga bermanfaat untuk fisik karena aktivitas ini sebenarnya bagian dari olahraga. Seperti yang kita tahu, rutin berjalan kaki dapat melancarkan peredaran darah yang baik untuk jantung. Saat peredaran darah lancar, tidur juga jadi bisa lebih berkualitas. Tidur yang berkualitas dapat membantu kita berpikir lebih jernih sehingga lebih mudah mengelola emosi serta membangun suasana hati yang baik.

Nah, nggak hanya itu saja, mindful walking juga bisa membantu kita untuk berada di sini, kini (present moment) dan melatih fokus diri untuk memerhatikan apa yang terjadi di sekitar kita. Ingat kan bahwa hidup berkesadaran adalah hidup di masa kini alias present moment dengan menyadari apa yang terjadi di sekitar kita dengan seksama. Dengan begitu, kita bisa menumbuhkan kesadaran untuk merespon suatu situasi dengan pikiran yang jernih.

Mindful walking berguna banget untuk kamu yang tinggal di kota besar seperti Jakarta yang harus menghadapi berbagai dinamika ibu kota seperti kemacetan, mobilitas tinggi, hingga tuntutan pekerjaan yang kadang nggak kenal waktu. Dengan melakukan mindful walking sebelum akhirnya berada dalam hiruk pikuk kota, kamu sudah mempersiapkan diri dengan kondisi fisik dan mental yang prima. Suasana hati bisa jadi lebih baik, tubuh terasa ringan, dan pikiran bisa lebih jernih dalam menghadapi masalah yang mungkin kamu hadapi di jalan atau kantor.

Langkah-langkah melakukan mindful walking:

  1. Berjalanlah santai seperti biasa, nggak usah terlalu cepat atau lambat. Tempatkan kedua tangan di mana pun kamu merasa nyaman: bisa di perut, di belakang punggung, atau di sisi tubuh. Rasakan setiap langkah, perhatikan setiap gerakan kaki mengangkat dan menapak. Perhatikan apa yang terjadi pada tubuh saat melangkah. Saat berjalan, pikiran mungkin akan memikirkan berbagai macam hal. Saat itu terjadi, coba kembalikan pikiran pada langkah kaki. Jika kamu berjalan di luar ruangan, perhatikan sekeliling, dan rasakan apa yang terjadi di saat itu.
  1. Untuk beberapa menit, dengarkan suara-suara di sekitar. Tidak perlu memberikan penilaian tertentu pada suara-suara tersebut seperti suara kendaraan yang bising, atau suara burung yang merdu. Biarkan semua suara terdengar begitu saja.
  1. Setelah itu, coba hirup aroma yang tercium. Lagi-lagi, jangan berikan penilaian apapun, baik bau sedap atau wangi, rasakan saja aroma yang ada.
  1. Kini giliran penglihatan, perhatikan setiap warna, benda, dan apapun yang terlihat oleh mata. Seperti suara dan aroma, jangan berikan penilaian apapun. Sadari saja keberadaan benda-benda di sekitar itu.
  1. Terakhir, rasakan kembali sensasi pada tubuh ketika berjalan sambil memerhatikan seluruh elemen: suara, aroma, dan benda-benda yang terlihat. Perhatikan kembali setiap langkah kaki yang menapak pada tanah. Sebelum mengakhiri mindful walking, berikan jeda pada diri untuk berdiri diam sambil membuat intensi dalam hati dan pikiran tentang apa yang ingin kamu lakukan seharian ini. Beritahu dirimu sendiri, kesadaran yang sudah dilatih dengan mindful walking pagi ini akan digunakan untuk apa seharian.

*Bonus tips:

Mindful walking dapat menjadi sesi refllektif. Baiknya dilakukan sendiri sebagai cara untuk refleksi diri sebelum memulai hari. Jadi, kamu bisa mulai hari dengan fisik dan pikiran yang segar.

Tinggalkan pesan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *