Jadi Pendengar Yang Mindful Bermanfaat! Kok Bisa?

Jadi Pendengar Yang Mindful Bermanfaat! Kok Bisa

Jadi Pendengar Yang Mindful Bermanfaat! Kok Bisa?

Mendengarkan dan didengarkan adalah hal yang tidak mungkin dilewatkan oleh manusia sebagai makhluk sosial. Enggak jarang lebih banyak orang yang memilih untuk menjadi pihak yang didengarkan daripada mendengarkan. Ya..hal itu karena mendengarkan memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Tapi, lewat mindful listening, kamu bisa belajar jadi pendengar yang dapat memahami perasaan lawan bicaramu. Terus..apa sih sebenarnya mindful listening itu? Apakah mindful listening juga memiliki manfaat untuk diri sendiri?

 

Yang akan kamu baca dari artikel ini:

  • Mindful listening merupakan proses mendengarkan dengan perhatian dan kesadaran penuh yang dapat membantumu untuk memahami pesan serta makna yang disampaikan lawan bicara.
  • Mindful listening  memberikan dampak positif untuk membangun kecerdasan emosional kita  melalui kehadiran empati saat menerima informasi.
  • Menerapkan mindful listening dapat membantumu menjadi pribadi yang lebih bijak.

Daftar isi:

  • Mengenal definisi mindful listening
  • Hubungan antara mindful listening dan emotional intelligence
  • Berbagai manfaat mindful listening

 

Mengenal definisi mindful listening

Menjadi seorang pendengar memang bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Untuk mendengarkan seseorang, kamu tentunya membutuhkan konsentrasi dan fokus yang penuh supaya menghindari kesalahan dalam memahami informasi. Oleh sebab itu, kamu perlu melatih diri untuk menerapkan mindful listening yang berarti mendengarkan dengan penuh kesadaran dan perhatian sehingga dapat memberi ruang bicara tanpa adanya distraksi, koreksi, atau nasihat yang tidak diperlukan. Dengan begitu, kamu akan menjadi pendengar yang dapat memahami dengan penuh empati terhadap perasaan lawan bicaramu.

 

Apa hubungan antara mindful listening dan kecerdasan emosional?

Yup, mindful listening ternyata dapat meningkatkan kesadaran diri yang merupakan bagian dari kecerdasan emosional lho! Dengan memiliki kesadaran diri yang tinggi, kamu akan lebih mudah memahami dirimu sendiri sehingga dapat memberikan respons yang tepat saat menjadi seorang pendengar. Enggak jarang kita sebagai pendengar kurang memerhatikan kenyamanan pembicara. Semua itu bisa jadi karena kita terlalu fokus terhadap penilaian yang dibuat terhadapnya.

 

Pahamilah bahwa terkadang yang dibutuhkan seseorang saat bercerita bisa saja bukan nasihat, melainkan empati penuh yang dapat menampung dan memahami ceritanya.

 

Lalu, apa manfaat mindful listening untuk diri sendiri?

Tahu enggak sih, kecerdasan emosional yang kamu dapat dari menerapkan mindful listening mampu membantumu untuk mengontrol emosi. Jadi, kamu bisa meningkatkan kepekaan saat dihadapkan dengan suatu masalah. Hal ini bisa membantu kamu di dunia kerja, lho. Kecerdasan intelektual yang terdiri dari kemampuan akademik, nilai ujian, dan tingkat pendidikan hanya menyumbang 4% untuk keberhasilan suatu pekerjaan. Sebaliknya, kecakapan khusus seperti empati, disiplin, dan inisiatif, memiliki pengaruh yang besar untuk keberhasilan kerja seseorang.

 

Selain meningkatkan kesadaran diri dan rasa empati yang kamu miliki, mindful listening juga dapat memberikan banyak manfaat bagi kehidupanmu sebagai makhluk sosial. Salah satunya adalah menjadikan dirimu sebagai sosok yang menyenangkan dan menenangkan karena tidak mudah memberikan penilaian saat mendengarkan. Hal itu tentunya memberikan rasa aman dan nyaman bagi mereka yang bercerita sehingga mereka bisa menganggapmu sebagai sosok yang dapat dipercaya untuk mendengarkan sebuah cerita. Dengan begitu, kamu dapat memiliki relasi yang lebih mindful dengan orang lain.

 

Nah, untuk menerapkan mindful listening, kamu dapat memulainya dengan menenangkan pikiranmu terlebih dulu. Cobalah untuk hadir sepenuhnya pada pembicaraan tersebut dan arahkan perhatianmu pada lawan bicaramu. Biarkan dia bercerita sepenuhnya sehingga tidak merasa ragu untuk lebih terbuka kepadamu.

Tinggalkan pesan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *