Ayurveda: Langkah Alternatif Menuju Keseimbangan

Ayurveda Langkah Alternatif Menuju Keseimbangan

Ayurveda: Langkah Alternatif Menuju Keseimbangan

Hidup seimbang di zaman modern ini memang banyak sekali tantangannya. Mobilitas tinggi sering buat kita lupa untuk memerhatikan kondisi tubuh sehingga seringkali mengabaikan konsumsi makanan dan olahraga. Ketika ingin mencoba hidup seimbang, kita malah kebingungan memilih praktik gaya hidup seimbang yang paling tepat. Nah untuk kamu yang sedang mencari cara untuk hidup seimbang, bagaimana kalau mulai mempertimbangkan Ayurveda?

 

Yang akan kamu baca dari artikel ini:

  • Memahami Ayurveda sebagai langkah pencegahan terserang penyakit dan untuk pengobatan
  • Mengenali tipe-tipe tubuh dalam Ayurveda untuk mengetahui perawatan yang tepat sesuai dengan tipe masing-masing orang
  • Alasan Ayurveda bisa bantu mencapai keseimbangan hidup dan hidup lebih mindful

Daftar isi:

  • Apa itu Ayurveda?
  • Mengenal tipe tubuh dalam Ayurveda
  • Keunggulan Ayurveda

 

Apa itu Ayurveda?

Ayurveda berasal dari kata Ayuh yaitu kehidupan dan Veda yang berarti pengetahun suci. Secara etimologi, Ayurveda berarti pengetahuan tentang kehidupan. Lalu Ayurveda itu sendiri apa, sih? Ayurveda merupakan sistem pengobatan tradisional yang sudah ada sejak 5000 tahun lalu. Awalnya, praktik ini dipraktikkan di India kemudian disebarkan ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Bisa dikatakan Ayurveda adalah sistem pengobatan tertua di dunia ini. Di pandangan Ayurveda, keseimbangan hidup bisa diraih dengan menyeimbangkan tubuh, pikiran, dan jiwa manusia. Kalau semua itu enggak seimbang, Ayurveda percaya seseorang bisa terserang penyakit fisik atau mental.

 

Ayurveda bisa membantu kita mencapai keseimbangan dengan berbagai perawatan lewat perpaduan gaya hidup sehat dan pengobatan tradisional mulai pola makan, konsumsi  ramuan herbal, terapi pijat, yoga, sampai meditasi. Praktik Ayurveda sangatlah personal, ibarat sidik jari Ayurveda percaya bahwa setiap orang punya pola energi yang berbeda-beda dan unik. Makanya, perubahan gaya hidup kita nantinya disesuaikan dengan konstitusi atau tipe tubuh dalam Ayurveda yaitu Vata, Pitta, Kapha. Jadi, pola makan, jenis olahraga, sampai pola tidur, akan ditentukan sesuai dengan tipe tubuh masing-masing orang. 

 

Lebih jauh soal tipe tubuh

Untuk mengetahui tipe tubuh kamu berdasarkan Ayurveda, kamu bisa cek di sini. Secara singkat berikut adalah penjelasan tentang tiga tipe tubuh dalam Ayurveda. 

 

Pertama adalah Vata. Biasanya, seseorang dengan karakter dominan Vata punya ciri fisik yang cenderung lebih ramping, enggak mudah naik berat badan, dan sensitif dengan cuaca dingin. Orang dengan dominan Vata, perlu mengelola stres dengan melakukan meditasi atau kegiatan yang menenangkan pikiran dan konsumsi makanan dan minuman hangat atau lembut, misalnya beri, pisang, dan telur. 

 

Kedua adalah Kapha. Orang dengan karakter Kapha dominan, biasanya lebih gampang naik berat badan. Mereka juga cenderung orang yang santai dan tidak sensitif. Pemilik bentuk tubuh Kappha, harus melakukan olahraga secara teratur dan disarankan memperbanyak konsumsi buah, sayur, dan biji-bijian utuh serta keju rendah lemak. Makanan berlemak jadi salah satu makanan yang harus dihindari.

 

Terakhir adalah Pitta. Seseorang dengan karakter dominan Pitta biasanya punya tubuh berotot dan atletis. Mereka juga cenderung rentan mengalami mood swings waktu lapar dan sensitif sama cuaca panas. Bagi mereka yang punya tubuh dominan Pitta harus menghindari makanan yang terlalu panas dan disarankan mengonsumsi makanan manis alami yang dapat menambah energi seperti buah dan gandum. Orang dengan tipe Pitta baiknya engak makan pedas dan asam.

 

Lebih jauh lagi, setiap orang mungkin saja tidak hanya punya satu jenis tubuh, lho. Setiap orang bisa punya dua atau ketiganya sekaligus. 

 

Keunggulan Ayurveda

Kenapa Ayurveda? Karena Ayurveda bisa memberikan terapi pada tubuh secara menyeluruh. Bahkan, Ayurveda bisa menghilangkan penyebab penyakit, bukan hanya gejala penyakit. Jadi tidak heran kalau Ayurveda tidak hanya untuk penyembuhan tapi juga pencegahan. Praktik Ayurveda juga menggunakan herbal, mineral, dan logam, yang dipertimbangkan lebih alami ketimbang pengobatan kimiawi dan memiliki efek samping yang lebih kecil. Bahkan, pendekatan dalam Aryuveda yang sifatnya personal tidak hanya bisa membantu seseorang untuk hidup sehat tapi juga untuk memahami diri sendiri, lho. 

 

Lebih spesifik lagi, Ayurveda untuk tujuan penyembuhan bisa mengobati penyakit kronis maupun akut. Perawatan diberikan berdasarkan ketidakseimbangan energi tipe dan jenis tubuh. Berdasarkan dr. I Wayan Sumerta dari Amrtta Siddhi, belakangan kasus yang banyak ditangani dengan praktik Ayurveda adalah masalah mental yang berasal dari stres dan depresi karena dampak Covid-19 maupun permasalahan keluarga, hilang rasa percaya diri bahkan masalah yang berhubungan dengan fisik seperti penyakit kulit dan persendian.

 

Jadi sebenarnya, semua orang membutuhkan Ayurveda, baik yang sehat maupun yang sakit, yang muda maupun yang tua karena Ayurveda bisa membantu semua orang untuk hidup seimbang secara fisik dan mental, terutama mereka yang sering merasa stres atau depresi karena padatnya aktivitas atau masalah-masalah kehidupan lainnya. Bahkan, sebenarnya Ayurveda bisa membantu kita hidup lebih mindful karena bisa membangun kesadaran untuk memahami diri sendiri baik pikiran maupun fisik.

Tinggalkan pesan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *