Meditasi Kopi: Menemukan Jiwa di Balik Segelas Rasa

ranin-feat-2

Meditasi Kopi: Menemukan Jiwa di Balik Segelas Rasa

Tahu enggak sih kalau saat ini ada banyak sekali medium yang dapat digunakan untuk melakukan meditasi, loh! Salah satunya adalah kopi. Iya, kopi yang kamu minum di pagi hari dan di jam-jam yang penuh keruwetan itu ternyata bisa menjadi penenang. Makanya, enggak heran kalau ketika kamu mulai pusing dengan setumpuk tugas, seringkali hal yang pertama kamu cari adalah “kopi”.

Eits, enggak hanya itu, kopi ternyata bisa menjadi medium meditasi yang dapat membantu seseorang untuk memahami makna proses pembentukan diri, loh! Gimana caranya? Yuk, simak cerita meditasi kopi yang dilakukan MyndfulAct!

Mengenal lokasi acara: Rumah Kopi Ranin

Bertepatan di bulan kemerdekaan, MyndfulAct mengadakan sesi meditasi kopi yang kedua kalinya pada 12 Agustus 2023. Sesi tersebut diadakan di Rumah Kopi Ranin yang berlokasi di Kabupaten Bogor.

Lokasi Rumah Kopi Ranin
Lokasi Rumah Kopi Ranin

Sejak berdiri tahun 2012, Rumah Kopi Ranin senantiasa menerapkan mutual business network dengan para petani kopi di Indonesia. Bagi Rumah Kopi Ranin, petani adalah sosok yang sangat berjasa dalam proses pengolahan kopi, mulai dari proses penanaman hingga pemilihan biji yang berkualitas.

Untuk itu, salah satu hal yang dipegang teguh oleh Rumah Kopi Ranin adalah membangun hubungan yang saling menguatkan dengan para petani lokal dengan tidak menjadikan kerja sama sebagai hubungan yang hanya sekadar transaksional.

Dimulai dengan menyapa alam

Udara yang sejuk, pepohonan yang rindang, dan tanah yang terhampar di sekitar lokasi merupakan kombinasi yang tepat untuk menjadi medium bagi para peserta dalam melakukan praktik meditasi dengan khusyuk. 

Peserta Meditasi Kopi mengamati pohon kopi di halaman Rumah KopI Ranin
Peserta Meditasi Kopi mengamati pohon kopi di halaman Rumah KopI Ranin

Di awal acara, para peserta diajak untuk menyusuri area perkebunan kopi yang dimiliki Rumah Kopi Ranin dengan bertelanjang kaki. Para peserta menapaki tanah dan rerumputan dengan penuh kesadaran. Sadar bahwa tanah yang mereka pijak bukan hanya sekadar benda mati, melainkan elemen penting yang membantu proses pertumbuhan lewat miliaran mikroba tak kasat mata yang tertanam di dalamnya. Sadar bahwa sejatinya segala hal yang tumbuh berasal dari tanah, termasuk kopi dan dirinya sendiri.

Peserta juga diajak menghampiri pohon kopi yang tertanam subur di lokasi. Dengan kesadaran diri yang penuh, para peserta berusaha mengamati segala hal yang tumbuh di atas tanah tanpa menghadirkan penilaian maupun penghakiman, melainkan cukup untuk merasakan dan menikmati setiap sensasi yang didapatkan.

 

Jeda sejenak….

Para peserta meditasi kopi sedang melakukan sesi hening
Para peserta meditasi kopi sedang melakukan sesi hening

Setelah menyusuri kebun, para peserta diajak berjeda sejenak dengan berdiam diri sambil mengatur nafas dengan tenang agar dapat fokus terhadap apa yang sedang dirasakan.

Lewat sesi hening, para peserta menyelami segala  sensasi fisik, emosi, dan pikiran tanpa perlu menghadirkan penilaian atau penolakan terhadap segala perasaan. Hal ini tentunya dapat menjadi medium untuk lebih memahami kebutuhan diri dengan penuh ketenangan setelah menghadapi berbagai tantangan kehidupan.

Kenal kopi lebih dekat

Selesai dari aktivitas di kebun kopi, MyndfulAct mengajak para peserta untuk menelusuri proses penyajian kopi yang dilakukan Rumah Kopi Ranin. Mulai dari proses pemetikan, pengeringan, penggilingan, hingga proses penyeduhan kopi yang dapat segera dinikmati.

Lokasi penggilingan kopi Rumah Kopi Ranin
Lokasi penggilingan kopi Rumah Kopi Ranin

Menariknya, rangkaian proses penyajian kopi ini ternyata memiliki filosofi yang mendalam, loh! Biji kopi yang semula merupakan buah berbentuk bulat dengan rasa pahit ternyata harus mengalami berbagai proses rumit agar bisa dinikmati.

Untuk itu, sudah seharusnya kita belajar menerima dan menghargai sebuah perubahan yang terjadi di dalam proses kehidupan. Sebab, dengan menerima dan merefleksi setiap perubahan diri yang dilalui, seseorang akan mudah merasa tenang dan menghargai dirinya tanpa perlu menghadirkan rasa penyesalan.

Para peserta meresapi aroma biji kopi yang telah dihaluskan
Para peserta meresapi aroma biji kopi yang telah dihaluskan

 

Manfaat menikmati kopi dengan penuh kesadaran juga dapat dirasakan dengan menghirup aroma kopi. Meresapi aroma kopi ternyata dapat membantu perangsangan indera penciuman dan perasa sehingga dapat meningkatkan kesadaran tentang fungsi keanekaragaman indra.

Ramah tamah dan makan bersama

Setelah sesi meditasi, para peserta diajak menikmati sajian bubur suro dan kopi mede buatan Rumah Kopi Ranin yang sangat istimewa. Kedua menu ini sebetulnya belum resmi dirilis di daftar menu.

Namun, MyndfulAct terpilih menjadi salah satu tamu istimewa yang dapat mencicipi menu yang mengingatkan tentang betapa kayanya kuliner Nusantara dengan beragam hasil buminya.

 

Sajian kopi mede dan bubur suro khas Rumah Kopi Ranin
Sajian kopi mede dan bubur suro khas Rumah Kopi Ranin

Sambil menikmati dua sajian menu tersebut, para peserta diberi kebebasan untuk saling berkenalan, bertukar cerita, dan berbagi rasa. Dengan begitu, sesi meditasi kopi yang diadakan kala itu tidak hanya menghantarkan para peserta untuk membentuk koneksi diri, melainkan juga memperluas koneksi dengan orang-orang baru yang mereka temui.